Jumat, 08 Januari 2010

Urgensi Iptek Bagi Kehidupan


1. PERANAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

 

      Dalam kehidupan dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapanya berupa tekhnologi. Misalnya dalam ilmu kedokteran dan ilmu farmasi merupakan cabang dari ilmu biologi sebagai ilmu terapan. Sedangkan pakaian dan jam tangan adalah hasil dari tekhnologi. Ilmu alamiah pada mulanya tidak mempunyai terapan dalam kehidupan manusia secara langsung tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (tekhnologi) mempunyai hubungan erat. Berikut ini adalah peranan IPTEK pada kehidupan manusia :

a.     Materi

Manusia dalam hidup memerlukan materi, baik yang biotis maupun yang tidak biotis. Dan benda itu merupakan hasil dari tekhnologi. Misalnya materi zat besi dapat menjadi kendaraan.

b.     Energi

Dalam uraian berikut akan di bahas energi yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1.  energi listrik

adapun listrik dapat di peroleh dari tenaga air, diesel, dan tenaga nuklir. Energi listrik ternyata dapat mengembangkan beberapa alat dan sarana yang lebih lanjut, diantaranya adalah pengembangan alat elektronika.

           2. energi nuklir

               Manusia memanfaatkan nuklir atas dasar dari sifat-sifat umum

              Sinar radioaktif. Adapun pengaruh radiasi terhadap makhluk hidup mengakibatkan:

a.     kematian

sifat dapat mematikan dari sinar radio aktif dapat digunakan untuk memeberantas hama

b.     hambatan pertumbuhan

sifat penghemat pertumbuhan/pertunasan dapat digunakan untuk menyimpan umbi dalam tempat penyimpan.

c.      perubahan sifat-sifat genetic

perubahan gen dapat mengakibatkan perubahan sifat pada keturunan makhluk hidup. Sinar radio aktif dapat menimbulkan mutasi gen. sifat ini dapat dipergunakan untuk mencari bibit unggul. Adapun sinar radio aktif dalam bidang industri dapat digunakan untuk:

-        industri kayu

-        serat tekstil

-        industri kulit

-        industri pengawetan makanan

-        nuklir untuk kesehatan

-        nuklir dalam industri radiografi

-        nuklir dalam hidrologi

-        nuklir untuk studi pencemaran lingkungan

 

           3. mesin

              Dalam industri dan transportasi digunakan beberapa mesin, dan dapat di bedakan sehubungan dengan bahan baker atau energi yang dipakai, yaitu:

a.     mesin premium

b.     mesin diesel

c.      mesin uap

d.     mesin jet

 4. komunikasi

     Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia, untuk itu IPTEK telah mengembangkan kepada kita semua berupa media cetak, telegrafi, telephone, radio, bioskop, TV dan satelit komunikasi.         

 5. biotekhnologi

     Dalam rangka memenuhi tekhnologi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan dan menggabungkan dengan tekhnologi modern yang disebut dengan biotekhnologi. Adapun perkembangan biotekhnologi antara lain:

a.     biotekhnologi kedokteran

missal: pemanfaatan sinar-X untuk pengambilan foto paru-paru,dan jantung.

b.     biotekhnologi farmasi

missal: dengan kemajuan tekhnologi dapat dibuat zat sintetis melalui biologi molopular dan rekayasa genetika tubuh sdipacu untuk memproduksi obat-obatan sendiri.

c.      biotekhnologi pertaniaan

dalam rangka mencukupi pangan seluruh dunia yang bertambah terus. Maka produksi pangan secara konvensional dapat mencukupi adanya biotekhnologi pertanian.

d.     biotekhnologi peternakan

missal: dengan perkawinan silang dapat dihasilkan hewan yang berkualitas.

 

2. DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA

 

A. pangan (makanan)

          Dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi ada yang positif dan negative.dampak positifnya antara lain:

a.     ditemukanya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipat ganda.

b.     Digunakanya mekanisme pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga lebih besar bila di bandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.

c.      Diterapkanya cara pemupukan tepat serta digunakanya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasilnya bertambah banyak.

d.     Digunakanya baktekhnologi (misalnya hormone pertumbuhan) untuk smerangsang pertumbuhan daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.

 

Dampak negatifnya antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan meracuni manusia sendiri. Setiap penggunaan tekhnologimaju selalu disertai adanya dampak negative. Oleh karena itu, kesadaran dan tanggung jawab jita dituntut lebih tinggi agar eferk negative dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan trekhnologi dapat ditekan sampai sekecil mungkin.

 

B. sandang (pakaian)

          Dampak dari kemajuan IPA dan tekhnologi  pada sandang ada yang positif dan ada pula yang negative.

Dampak positif antara lain:

a.     menolong manusia dalam pengadaan sandang adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakaian.

b.     Telah ditemukanya serat sintetis, baik yang terbuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari bahan galian seperti hasil sulingan batubara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat-serat sintetis seperti polyester, poliprolin, polietelin, dan lain-lain.

c.      Dengan kemajuan tekhnologi, kita tidak perlu menunggu terlalu lama hasil serat tanaman kapas karena dengan serat sintetis, pembuat tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.

 

Dampak negativenya antara lain:

a.     bahan yang berupa polimer sintetis yang dalam bahasa sehari-hari dinamakan plastic, kalau menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk.

b.     Sampah plastic kalau dibakar akan menyebabkan menepisnya lapisan ozon, namun jika tidak dibakar, dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.

C. papan (tempat tinggal)

 

Dampak positifnya antara lain:

          Dengan menerapkan tekhnologi maju, manusia mampu membangun rumah dengan gedung-gedung pencakar langit, orang tidak lagi menggunakan tangga tetapi cukup dengan menekan tombol dan dalam beberapa detik saja orang sudah sampai dilantai yang dituju.

 

Dampak negatifnya, antara lain:

a.     dengan peralatan modern, orang dengan sangat mudah membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedund dan sebagainya atau untuk perabotan yang lain, akibatnya hutan menjadi gundul dan jika hutan terjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilangnya kesuburan tanah yang pada akhirnya menyengsarakan manusia sendiri.

b.     Dengan diterapkannya tekhnologi modern, tenaga manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak terjadi pengangguran. Sebagai akibat dari penganggurn ini timbul kejahatan dimana-mana.

 

3. DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA            ALAM

 

Dampak positifnya yang berupa keberhasilan manusia

Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dna tekhnologi dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kuantitas suatu produk:

a.     dalam bidang pertanian

keberhasilan dalam bidang pertanian sangat tergantung pada keadaan lahan pertanian, seperti keunggulan bibit, pupuk, air, cara pengolahan tanah, cara perawatan tanah dan tanaman, serta pemasaran hasil pertanian.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehingga dapat memberikan pupuk yang paling tepat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi, bibit unggul dapat diketahui dengan menggunakan sinar radioaktif. Demikiaan pula dengan pembuatran obat pemberantas hama tanaman.

Denagn tekhnologi modern, orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman. Bagi Negara yang lahan pertanianya sangat terbatas mereka meningkatkan kuantitas produksi papan dengan mengembangkan tanaman yang bergantung diatas air yang mengalir yang dilengkapi unsure-unsur yang dibutuhkan tumbuhan.

b.     dalam bidang industri

kita ambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit. Penggunaan tekhnologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit, temperature dan tekananya dapat meningkatkan hasil yag lebih tinggi dibandingkan dengan cara tradisional.

Dengan pengaturan temperature yang tepat, tidak banyak minyak yang terbuang (menguap) dan jumlah minyak yang tertinggal pada ampas pun semakin berkurang.

 

4. DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM

 A. minyak bumi

          Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan energi dunia. Semua mesin kendaraan menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakarnya. Namun kita juga sadar bahwa minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui.

          Penggalian bumi juga dapat menimbulkan adanya tumpahan disekitar pengeboran itu dan akan merusak lingkungan sehingga merugikan manusia, hewan atau tumbuhan yang hidup disekitarnya.

 B. batu bara

          Penambangan batubara dapat membahayakan manusia karrena gas oksigen dalam tambang itu sangat terbatas, sebaliknya gas-gas bumi yang menyesakkan napas sangat berlimpah.

 C. air

          Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setalah dipakai dapat dibersihkan kembali. Namun pembersihan itu tidak selalu dapat sempurna sehingga lambat laun, air bersih ini semakin lama semakin menurun kualitasnya.

 D. hutan , hewan dan ternak

          Sumber daya alam lainya yang dapat diperbaharui adalah hutan, hewan dan ternak. Akan tetapi tetap harus memperhatikan batas toleransinya. Bila batas tersebut doterjang, semua itu tidak lagi dapat diperbaharui.

 E. tanah

          Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, namun jika tidak hati-hati dalam pemakaiannya, tanah akan menjadi rusak. Misalnya, tanah dibiarkan dalam keadaan kosong dan terkena erosi yang terus menerus hingga kesuburannya hilang dan batu pedas yang tak lagi dapat menjadi lahan pertanian.

 

5. DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA

 A. Dampak positif

    a.   perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara efektif dan efisien.

    b.   perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi dapat menaikkan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia, karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.

 B. Dampak negative

    a.   semakin meningkatnya pengangguran karena pekerjaan yang semula dikerjakan manusia, diganti alat tekhnologi berupa mesin.

    b.   timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radio aktif yang sangat beracun baik pada tanah, air dan udara. Hal ini jelas mengan cam kelangsungan hidup manusia.

 

6. DAMPAK TERHADAP KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI

 A. Komunikasi

      Dampak negativenya adalah:

a.     dengan tekhnologi modern, manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan abad ke-20) yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan sampai ribuan kilometer dalam beberapa menit saja.

b.     Manusia dapat menciptakan telepon (oleh bell 1876) sehingga orang dapat berkomunikasi langsung.

c.      Ditemukanya radio (oleh Marconi 1896) untuk nengirim dan menerima berita tanpa melalui kawat penghubung.

d.     Ditemukanya televisi yang dapat mengirim suara dan gambar hidup kepada pemirsa dengan jarak ratusan kilometer dari objek yang disaksikan .

e.     Ditemukanya alat komunikasi baru, yaitu satelit yang dikombinasikan antara radio dan televise. Dengan ini, orang dapat melihat wajah lawan bicaranya.

 B. Transportasi

      Dampak positifnya adalah:

          Orang dapat membuat sarana transportasi, misalnya kendaraan mesin. Sarana transportasi tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada zaman dulu.

      Dampak negatifnya adalah:

a.     timbulnya suara kebisingan dan pencemaran udara. Hal tersebut dapat diakibatkan dari konstruksi alatnya maupun ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalm menggunakanya.

b.     Perubahan alam menjadi tidak estetis, misalnya asap kendaraan bermotor yang bercampur dengan debu akan membentuk oksidasi nitrogen di udara sehingga terbentuk awan kecoklatan. Adanya kapal  pengangkutan minyak yang bocor atau  di lautan dapat menganggu pemandangan keindahan taman laut.

c.      Berkuranya lahan-lahan pertanian yang produktif karena dipakai untuk menampung kebutuhan jasa transportasi, seperti terminal, bandara atau parkir kendaraan.

 

7. DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN

 A. Dampak terhadap dalam upaya manusia memberantas penyakit menular

    1.   perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas di bidang kedokteran.

          Ditemukanya alat-alat diagnosis yang memadai, seperti sinar-X untuk melihat keadaan tubuh manusia, elektrokadiografi untuk mendiagnosis ketidakteraturan kerja hati, dan lain-lain. Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. 

          Pelayanan baru sebagai hasil kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi antara lain:

a.     pencakokan jantung

b.     pencucian darah

c.      penggatian kornea mata

d.     pemasangan alat pacu jantung

e.     pelayanan kontrasepsi

 

    2. perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi dapat meningkatkan tekhnologi obat-obatan,

 

          Kemajuan tekhnologi di bidang kedokteran sejalan dengan kemajuan tekhnologi di bidang obat-obatan karena kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Masalah pengobatan sebenarnya telah dikenal masyarakat, jauh sebelum adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi. Hanya sistemnya saja yang berbeda.

          Pada zaman nenek moyang, ramuan tumbuhan yang terdapat di alam sudah dimanfaatkan sebagai obat. Namun dengan ditemukanya tekhnologi material, orang dapat mengetahui susunan suatu zat. Disamping perkembangan obat-obatan hasil pamisahan dan sintesis juga berkembang pengobatan dengan menggunakan zat radioaktif dengan cara penyinaran. Tekhnologi pengobatan selain untuk mengobati penyakit, juga digunakan untuk mencegah timbulnya suatu penyakit.

 

    3. perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi dapat memberantas penyakit menular.

         

          Ini bukan berarti bahwa penyakit tidak menular tidak perlu di berantas, tetapi untuk penyakit menular perlu pemikiran khusus karena besar kemungkinan akan banyaknya jatuh korban dalam waktu yang singkat,. Menurut hasil penelitian, penyakit ini di sebabkan oleh bakteri, cacing, jamur dan virus.

          Usaha pencegahan antara lain:

 - mengusahakan pengelolaan air untuk mendapatkan air bersih bagi  masyarakat.

 -   menjaga kebersihan lingkungan.

 -       mengadakan imunanisasi terhadap penyakit menular

 - melalui media hasil tekhnologi maju, di berikan penjelasan mengenai penyebab, akibat dan cara mencegah penyakit menular untuk mempertinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit menular.

 

 B. dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit Tertentu.

          Kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi tidak terlepas dari dampak negative, antara lain timbulnya beberapa penyakit. Penyakit yang dianggap berasal dari perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi antara lain penyakit kanker. Sampai saat ini belum ada obat yang mampu memberantas penyakit ini, melainkan upaya untuk mencegah meluasnya bagian yang terserang atau memperpanjang usia si penderita. Penyebabnya antara lain adanya pencemaran udara. Ini biasa terjadi di kota besar yang padat dengan kendaraan bermotor, pabrik-pabrik dan berbagai industri, yang mengeluarkan gas sebagai polutan yang menimbulkan kanker.

 

8. DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN

          Keadaan umat manusia kini sangat berbeda dengan peradaban zaman dulu, misalnya: peradaban mesir kuno, yunani kuno, romawi atau peradaban di daratan cina. Faktor utamanya adalah pertumbuhan penduduk, sains dan tekhnologi. Sains dan tekhnologi membawa kemudahan, kemakmurandan kenyamanan, sedangkan tekhnologi komunikasi membuat interpedensi secara global yang semakin meningkat.

          Namun begitu, sains dan tekhnologi juga membawa segi yang nefatif. Salah satunya adalah perkembangan dunia akhir-akhir ini yang menunjukkan kecenderungan yang ssangat memprihatinkan akibat kesalahan dalam pemanfaatan kemajuan sains dan tekhnologi.

 

  A. Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia

   1. perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi mendatangkan kemakmuran.

       Adanya perkembaangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi melahirkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain:

a.     tehknik modern yang terdiri atas tekhnik penerbangan, tekhnik kimia, sipil, nuklir, listrik dan tekhnik mekanik.

b.     Tekhnologi hutan.

c.      Tekhnologi hutan.

d.     Tekhnologi transportasi. Dll.

   2. perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.

          Setiap orang tidak ingin mengalami kesulitan, apalagi mengulangi kesulitan yang pernah di alami. Itulah sebabnya dilakukan berbagai usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup, antara lain dengan peneraapan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi, misalnya:

·        Dengan tekhnik modern, orang dapat mengendalikan aliran air sungai, dengan membuat bendungan, saluran primer dan saluran sekunder. Dari pengaturan air tersebut, petani mendapatkan kemudahan dalam memperoleh air.

·        Dengan tekhnik modern, dapat dibuat berbagai media pendidikan, seperti OHP,slide, TV, tape recorder dll, yang mempermudah pendidik untuk melaksanakan tugasnya.

 

 B. Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri.

          Negara yang menguasai perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tekhnologi, lebih mudah memperoleh kemakmuran materi dibandingkan Negara yang kurang mempunyai kemampuan dalam bidang tersebut,. Akibatnya, timbul Negara kaya dan Negara miskin.

          Penerapan tekhnik nuklir yang dikembangkan oleh Negara adikuasa untuk membuat senjata mutakhir telah menimbulkan kegelisahan umat manusia karena dapat mengancam perdamaian dunia jika antar Negara adikuasa tidak mampu mengendalikan dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please isi yupz